:::: MENU ::::
  • Rendi Rohaendi Purnama Sidik

  • Personal Blog

  • Cacing yang bermimpi terbang

SUTRADARA


Sutradara memiliki beberapa pengertian yang berbeda, sesuai sumber yang mengartikannya. Salah satunya bersumber dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Menurut KBBI Sutradara/sut·ra·da·ra/ n orang yang memberi pengarahan dan bertanggung jawab atas masalah artistik dan teknis dalam pementasan drama, pembuatan film, dan sebagainya.

Menurut Wikipedia Sutradara atau pembuat film adalah orang yang bertugas mengarahkan sebuah film sesuai dengan manuskrip, pembuat film juga digunakan untuk merujuk pada produser film. 

Berbicara tentang Sutradara, Indonesia mempunyai banyak Sutradara yang baik, dan berprestasi, mulai dari Hanung Bramantyo hingga seorang Edwin. Mereka merupakan para Sutradara yang memiliki banyak prestasi dari setiap film yang dibuatnya.
Di dunia, banyak sekali film yang telah dibuat, namun yang jarang orang ketahui adalah film pertama di dunia. Film pertama di dunia ini adalah film yang berjudul  'The Great Train Robbery' film ini dibuat pada tahun 1903 dan film ini diangkat dari kisah nyata, serta masih hitam putih dan tanpa suara atau film bisu. Film ini ditulis oleh Thomas A. Edison. dan diproduseri oleh Edwin S. Porter.

Dalam Produksi Film/TV ada beberapa istilah yang sering digunakan diantaranya:

1. Sutradara ( Film & Televisi )
2. Pengarah Acara ( Televisi )
3. Program Director ( Televisi )

4. Producer Director ( Televisi & Film )

Adapun tugas seorang Sutradara 
Menurut sutradara berbakat, Harry Suharyadi, tugas seorang sutradara adalah menerjemahkan atau menginterpretasikan sebuah skenario dalam bentuk imaji/gambar hidup dan suara.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us