:::: MENU ::::
  • Rendi Rohaendi Purnama Sidik

  • Personal Blog

  • Cacing yang bermimpi terbang

Assalamualaikum wr. wb.

kali ini saya akan memberikan sebuah informasi mengenai penyajian desain web, yaitu mengenai Layout Halaman Web.

Layout halaman web
Layout situs merupakan tata letak elemen halaman situs web.Layout situs yang baik akan menjadikan halaman web web baik juga. Dengan desain halaman web yang baik dan tepat akan membuat pengunjung merasa nyaman dengan tampilan (layout) halaman web tersebut, dan tetap dapat fokus pada isi (content). Desain halaman web tidak mengganggu kejelasan bagian isi.
Pada desain layout yang tepat, pengunjung dapat berpindah ke halaman lain dengan mudah melalui navigasi yang baik, mudah dan informatif. Pengunjung merasa bahwa setiap halaman dari situs merupakan satu kesatuan. Setiap halaman memiliki posisi dan kesamaan tampilan (layout), yang berbeda hanya isi (content).
Adanya layout tata letak yang baik dapat membuat halaman lebih cantik dan seimbang, terutama enak dilihat dan mudah dibaca. Desain layout suatu halaman web meliputi penyusunan:
- pembagian tempat pada halaman
- pengaturan jarak sepasi
- pengelompokan teks dan grafik
- serta penekanan pada suatu bagian tertentu
Beberapa model layout yang biasa digunakan dalam mendesain suatu halaman web, diantaranya adalah

- Top Index
 digunakan untuk menampilkan link yang banyak ke situs lain, seperti search engine
Navigasi atau daftar isi berada dibagian atas dari halaman web, seperti pada berikut merupakan tampilan dari www.google.com
- Bottom Index
 Biasanya digunakan apabila isi dari halaman banyak berhubungan dengan topik tunggal
- Left Index
 Digunakan untuk layar dengan resolusi yang lebar sehingga mudah dalam penyediaan navigasi, tanpa menimbulkan kekacauan penyajian pada halaman utama
- Layout Split
 Merupakan model yang banyak dipakai, karena terjaga keseimbangan dalam halaman web
- Alternating Index
 digunakan untuk halaman yang banyak menampilkan grafik, foto dan produk yang disertai dengan teks berupa keterangan, harga, jumlah, dan lain - lain.

mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan saya, sekian dari saya, wassalamualaikum wr. wb.
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us