:::: MENU ::::
  • Rendi Rohaendi Purnama Sidik

  • Personal Blog

  • Cacing yang bermimpi terbang



Sandi-Sandi Dalam Pramuka
Sandi AN
Kunci A=N
CONTOH :
CENZHXN dibaca PRAMUKA
SANDI AZ
A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M
Z  Y  X  W V  U  T  S  R Q P  O  N
CONTOH: KIZNFPZ    = PRAMUKA
KET: apabila A ditulis Z dan seterusnya sandi ini disebut sandi AZ karena A dan Z saling berhadapan
SANDI KOTAK
Kata sandi berasal dari bahasa sansekerta, yang artinya rahasia . Sandi ialah  kode rahasia, dimana kerahasiannya hanya di ketahui oleh sekelompok orang saja. Dalam kegiatan pramuka, sandi di pergunakan pada saat berkemah atau melakukan pengembaraan, supaya dapat melatih diri untuk menyelesaikan suatu masalah yang sedang di hadapi.
Sandi Kotak I
Sandi Kotak II
Sandi Kotak III
Sandi Rumput
Sandi rumput adalah bukan sandi asli, melainkan merupakan sanditurunandari . Sandi ini juga mempunyai kesamaan dengan sandi paku dan sandi gergaji / tali.Pada prinsipnya, sandi rumput sama dengan sandi rumput tetapi sandi rumput arah ujungnya ke atas sedangkan sandi rumput arahnya ke bawah.
Dalam penggunaannya seperti yang disampaikan di atas nenggunakan kunci sandi morse. Agar terlihat kesan rumputnya, maka kode morse yang terdiri dari titik dan garis, diterjemahkan sebagai berikut:
Titik pada morse diterjemahkan denggan lekuk rumput pendek =
Garis pada morse, dalam sandi ini diterjemahkan sebagai rumput panjang =
Contoh : PRAMUKA SEJATI
Sandi Bulan Bintang
Halo kakak-kakak semua... saya Farid, saya adalah anggota Gerakan Pramuka dariKwarcab Lampung Timur. kali ini ingin sedikitmempromosikan sandi saya,, heeheeee.... promosi,tapi sebelumnya saya ingin bercarita dulu tentang kegiatan Pramuka terutama kegiatan membuat sandinya,,
Pramuka adalah kegiatan yang sangat menarik. apa lagi ketika kita sudah sekian lama mengikutunya. salah satunya kegiatanmenarik dalam kegiatan pramuka adalah membuat sandi.
Sandi Pramuka, sandi adalah sesuatu yang tidak asing ketika mengikuti pramuka. Ketika kita bisa membuat sandi, kita bisamenggunakannya sebagai sandi rahasia yang hanya teman kita sendiri yang tahu. sebenarnya membuat sandi itu tidaklah sulit,bahkan sebenarnya sangat mudah,  ketika membuat sandi kita bisa menggunakan sesuatu di sekitar kita.Seperti kali ini saya membuat sandi yang saya namakan sandi bulan bintang. sandi ini saya buat ketika saya mengamati sandikotak 1 dan sandi kotak 2, pada intinya sandi bulan bintang ini sama dengan sandi kotak 1maupunsandi kotak 2. selain mudahdipahami sandi ini juga mudah dihafal, sandi ini saya buat dengan huruf abjad urut searah dengan jarum jam, yaitu urutmemutar kearah kanan. dan ketika ada huruf yang berada di kotak atau garis yang sama mungkin kakak-kakak akan sedikitbingung. cara kita mengerjakan sandi ini ketika berada dalam kotak atau garis yang sama adalah kita bisa mengurutkan dariabjad yang paling  kecil terlebih dahulu, contoh bisa lihat gambar dibawah ini :
Sandi Bulan Bintang
Sandi Datar
Datarartinya susunan huruf ditulis mendatar dan dibaca menurut kuncinya, untuk menentukan kunci jumlah huruf, dalam satu instruksi kita bagi kedalam kelompok yang sama (kalau kelompok yang terakhir jumlahnya kurang, maka harus ditambah huruf X).
CONTOH:
Kita akan membuat instruksi sebagai berikut:
"SEBUTKAN TUJUH PAHLAWAN REVOLUSI YANG GUGUR DI LUBANG BUAYA JAKARTA ADA TANGGAL 1 OKTOBER 1965"
Cara membuatnya sebagai berkut:
Instruksi tersebut akan kita buat kunci
9D HUJAN RINTIK-RINTIK TURUN KE BUMI
Artinya mendatar 9 huruf dan dbaca turun.
Sandi Cina
Sandi Cinamerupakan coretan-coretan yang dibentuk seperti hurufCina, maka banyak anggota pramuka yang menyebutnyaSandi Cina.
Sandiini hakekatnya sepertiSandiAngka, dimana setiap huruf atau coretan-coretan tersebut dapat kita hitung berdasarkan kunci, maka sandi ini harus memakai kunci:
Contoh:
Kita akan membuat instruksi sbb:
"ADIKKU TOLONG  TULISKAN TRI SATYA SECARA LENGKAP"
Maka dapat kita buat sandinya sbb:
Sandi Plus / Kress
Sandi Plus / Kressmerupakan salah satu sandi terapan dariSandi Morse.
Unuk lebih jelasnya perhatikan kunci berikut:
Dasar:Sandi Morse
Kunci: + = titik ( . ) / pendek
# = strip ( - ) / panjang
Contoh: # / ++# / #+ / +# / +++
Dibaca : TUNAS
Sangat mudah bukan? Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.
Salam Pramuka!
Sandi Jepang
Sandi Jepangseperti halnya huruf jepang (Kanji) ditulis dari atas ke bawah dan seterusnya, adi sandi ini cukup mudah untuk dimengerti. Berikut ini adalah contoh dariSandi Jepang:
SNLAA
EGENN
TANGA
EHCKN
Jadi dibaca:SETENGAH LENCANG KANAN
Sandi Kimia
Sandi Kimiasebenarnya hanya tulisan morse saja, tapi banyak anggota pramuka menyebunya Sandi Kimia, karena menyerupai huruf / symbol yanga ada pada kode / rumus kimia.
Ketentuanya yaitu:
Titik      :  Huruf Hidup     (a, i , u, e, o)
Strip       : Huruf Mati       (b, c, d, f, g, ...dst)
CONTOH:
Kita akan membuat instruksi sbb:
"DISINILAH LETAK KEDUDUKAN DUNIA"
Dapat kita tulis sbb:
HO2 + O2 + O3 + O2 + HO + O2 + OSA2 + AH + O4
OSA2 + O + H + AH + HOH
HOH + O + HO2 + UAH + HO2 + UAH +HOH + AH + HO
HO2 + UAH+ HO + O2 + AH
Sandi Sungai
Sandi Sungai juga biasa disebut dengan istilah sandi 5 per 8, karena sandi sederhana ini memiliki 8 buah kolom dan 5 buah baris. Untuk lebih jelasnya mari kita perhatikan kunci di bawah ini.
Cara menulis :Huruf yang berlawanan atau berseberangan.Contoh : OZO LOWOEO VOQPOQ BYHOS
Dibaca : ADA BAHAYA JANGAN LEWAT
Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us